June 2

Workshop Reanalisis Visi dan Misi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Terbuka untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Workshop Reanalisis Visi Misi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) Universitas Terbuka dilaksanakan pada tanggal 26 September 2023 di Ruang Sidang 3, Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka. Acara ini bertujuan untuk mereview dan merumuskan visi dan misi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Workshop ini juga diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan bahasa Inggris, penerapan pendidikan abad 21 yaitu Outcome Based Education (OBE), serta sesuai dengan karakteristik mahasiswa UT yang dituntut dapat belajar secara mandiri atas prakarsa atau inisiatif sendiri.

Workshop ini diselenggarakan dalam format hybrid, yang menggabungkan sesi tatap muka dan daring, serta dihadiri oleh pimpinan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka, ketua dan dosen Prodi MPBI, kepala sekolah, alumni MPBI, mahasiswa MPBI, anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris, dan staf Dinas Pendidikan. Dr. Widya Rizky Pratiwi, S.Pd., M.M., didaulat sebagai moderator dalam kegiatan ini, memimpin jalannya acara dengan lancar dan interaktif.

Kegiatan dimulai dengan registrasi peserta dan narasumber, dilanjutkan dengan pembukaan yang meliputi menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Direktur Sekolah Pascasarjana, Kaprodi MPBI, serta doa pembukaan. Setelah itu, materi utama mengenai visi dan misi Program Studi MPBI dipaparkan oleh narasumber utama, F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D., yang merupakan pakar kurikulum bahasa Inggris.

Sesi tanya jawab menjadi salah satu segmen yang sangat dinanti, di mana para peserta dapat berdiskusi langsung dengan narasumber mengenai visi misi yang merupakan salah satu aspek terpenting pada dokumen kurikulum dan penerapannya dalam konteks pendidikan tinggi. Diskusi yang berlangsung interaktif ini memberikan banyak wawasan baru dan masukan konstruktif bagi perumusan visi dan misi Prodi MPBI.

Setelah istirahat makan siang, workshop dilanjutkan dengan sesi daring yang dipimpin oleh Prof. Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, M.Pd., Ph.D. Beliau adalah pengurus harian Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, yang juga memberikan paparan mendalam mengenai visi dan misi prodi dalam menghadapi tantangan era digital.

Seluruh peserta aktif berpartisipasi dalam perumusan dokumen visi dan misi, yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan penyiapan tenaga pendidik bahasa Inggris yang inovatif dan kompeten. Hasil dari workshop ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi Prodi MPBI dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Workshop ditutup dengan rangkuman hasil diskusi dan penekanan kembali pada pentingnya visi dan misi yang dirumuskan dalam mendukung kualitas pendidikan bahasa Inggris di Universitas Terbuka. Seluruh dokumen dan materi kegiatan workshop ini dapat diakses melalui tautan yang telah disediakan oleh panitia, memastikan transparansi dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam proses reanalisis visi misi ini.


Surel: widya_pratiwi@ecampus.ut.ac.id - Blog: https://www.pratiwiwidyarizky.my.id/

Posted 02/06/2024 by widya-pratiwi in category "Homepage

About the Author

Widya Rizky Pratiwi is a lecturer of Universitas Terbuka, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *