July 23

Dosen Universitas Terbuka Menjadi Moderator dan Keynote Speaker pada PkM Internasional OSA ADPI Batch 12

Dr. Widya Rizky Pratiwi, dosen Universitas Terbuka, kembali bertugas sebagai salah satu chairman atau moderator pada sesi paralel PKM OSA Batch 12. International Multidiciplinary Community Service Activity dilaksanakan oleh Asosisasi Dosen Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (ADPI) dari tanggal 20 sampai 22 Juli 2024. Kegiatan ini bertema “The impact of Digitalization in Various Fields” dan dihadiri lebih dari 100 partisipan akademisi yang berprofesi sebagai dosen baik dari dalam maupun luar Indonesia seperti dari Malaysia, Thailand, Rusia, Kosovo, dan Kanzania. Sebagian besar yang hadir adalah presenter. Namun, beberapa diantaranya hanya menjadi participant.

OSA adalah singkatan dari Online Series ADPI. PkM OSA merupakan kegiatan Pengabdian kepada  Masyarakat dalam bentuk pelatihan, pendampingan, workhop, dan seminar lintas bidang yang dilakukan secara online. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester yang disaranai oleh Asosiasi Dosen PkM Indonesua (ADPI) sebagai bentuk kontribusi dosen (member ADPI) dalam melaksanakan salaha satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.

Selain sebagai moderator, Widya juga menjadi salah satu Keynote Speaker yang membawakan materi berjudul “The Art of Transforming Research and Community Service into Diverse Intellectual Works”. Dalam paparannya, Dosen UT ini menekankan pentingnya kemampuan mentransformasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ke dalam berbagai bentuk karya intelektual untuk meningkatkan kontribusi akademisi terhadap ilmu pengetahuan dan masyarakat.

 

July 5

Dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) Universitas Terbuka Berpartisipasi dalam Annual Bussiness Meeting APSPBI di Surabaya

Minggu, 22 Juni 2024, salah seorang dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) Universitas Terbuka, Dr. Widya Rizky Pratiwi, menghadiri Annual Bussiness Meeting (ABM) Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI). Kegiatan APSPBI tahun 2024 ini dilaksanakan di Hotel Alana, Surabaya dan dirangkaikan dengan “The 3rd International Conference on Language and Language Teaching 2024 (InCoLLT)”.

Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang disingkat APSPBI adalah sebuah organisasi/ asosiasi profesi para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dari level program sarjana, magister, maupun doktoral se-Indonesia dengan berlandaskan visi untuk menjadi sarana yang efektif dan bermakna khususnya dalam meningkatkan pendidikan guru Bahasa Inggris di Indonesia, terutama di antara anggota asosiasi. Untuk mencapai visi tersebut, APSPBI berusaha menjalankan 3 misinya, yaitu memfasilitasi tindakan kolaboratif di antara program studi anggota asosiasi dan masyarakat akademik; memfasilitasi tindakan kolaboratif antara program studi anggota asosiasi dan pemerintah; dan mempercepat sosialisasi peraturan-peraturan resmi dan tanggapan yang relevan.

Kegiatan Annual Bussiness Meeting adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) setiap tahunnya yang sering dirangkaikan dengan kegiatan temu ilmiah atau international conference. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah yang berbeda-beda di seluruh Indonesia dengan memilih Universitas host sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan.

Tujuan Bussiness meeting Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) adalah untuk menjalin dan mempererat silaturahmi serta kolaborasi antara dosen-dosen Pendidikan Bahasa Inggris seluruh Indonesia dan Focus Group Discussion (FGD) terkait dokumen kurikulum, sharing keilmuan, dan lain-lain yang terkait dengan tridarma perguruan tinggi. Pelaksanaan Annual Bussiness Meeting dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion yang membahas terkait national issues merespon permen nomor 53 dan 12 tahun 2024 terkait kebijakan dan kurikulum bahasa Inggris pada Kurikulum Merdeka.

Selain itu, FGD juga membahas lecturer recognition, seperti visiting scientist dan pembimbing dosen (pencangkokan, reguler), dan seminar akademik bagi dosen dan mahasiswa, pendampingan/ review kurikulum program studi, pemaparan dan pendampingan akreditasi program studi khusus LKPS dan LED LAMDIK, pelantikan pengurus regional APSPBI, dan publikasi ilmiah APSPBI, dan kerjasama program studi antar lingkup anggota APSPBI.

Keterlibatan dan partisipasi aktif dosen-dosen prodi Bahasa Inggris, termasuk dosen MPBI UT pada kegiatan ABM ini membuka ruang diskusi yang interaktif dan kesempatan kolaborasi seluas-luasnya baik yang berasal dari PTN maupun PTS di seluruh Indonesia.