February 7

Mendesain Website sebagai Wujud Komitmen dan Aktualisasi untuk Mengembangkan Institusi berstatus PTNBH

Latsar CPNS telah berlalu. Latihan Dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil yang menyisakan segudang kenangan, membentuk kepribadian positif, menginternalisasi dan menerapkan nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif), juga menghasilkan beragam aktualisasi yang diwujudkan dalam berbagai produk yang bermanfaat untuk pengembangan institusi para peserta latsar. 

Sebagai institusi yang berubah status dari Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) menjadi Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PK-PTNBH) di akhir Oktober 2022, tentunya hal ini menjadi sebuah challenge tersendiri bagi Universitas Terbuka untuk mengoptimalkan diseminasi informasi dan sosialisasi promosi perguruan tinggi kepada khalayak umum.  

Perguruan tinggi negeri yang berstatus badan hukum tentunya memiliki otonom yang lebih luas. Dilansir dari www.duniadosen.com, salah satu kelebihan dari PTNBH adalah keleluasaan atau otoritas perguruan tinggi negeri yang secara mandiri dapat mengelola rumah tangganya sendiri sesuai dengan tujuan kampus tersebut dengan harapan agar perguruan tinggi dapat lebih cepat berkembang dan berinovasi. 

Otonomi tersebut tentunya memberi peluang baik dan keleluasaan bagi perguruan tinggi dalam menentukan jalur masuk, menetapkan biaya masuk dan kuliah, membuka dan menutup program studi sesuai dengan kebutuhan, membuka program non-subsidi, mengadakan kerjasama dengan industri, menyewakan lahan dan aset kampus, serta mekanisme lainnya untuk meningkatkan sumber pendanaan dari masyarakat (Anggraini, 2019). 

Beriringan dengan status PTNBH, Universitas Terbuka mengemban visi untuk menjadi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) berkualitas dunia yang diamanatkan dalam empat misi UT yaitu meningkatkan daya tampung pendidikan tinggi negeri, meningkatkan pemerataan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia, mengembangkan budaya belajar sepanjang hayat, dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan pendidikan jarak jauh untuk mendukung pembangunan nasional dan global. 

Melihat peluang yang sangat potensial bagi pertumbuhan Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi yang berstatus PTN-BH yang sejalan dengan visi UT, tentu hal ini berdampak pada komitmen dari seluruh civitas akademika Universitas Terbuka, khususnya saya sebagai peserta latsar CPNS, untuk mendukung keberadaan dan ketahanan UT dalam perkembangannya. Sehingga, salah satu upaya yang dapat dilakukan sebagai wujud komitmen dan aktualisasi untuk mengembangkan institusi yang bertugas pada Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi MPBI) adalah mendesain website prodi. Mengapa website prodi? 

Sosialisasi dan Promosi ini menjadi salah satu instrument pengenalan  UT kepada masyarakat. Di UT sendiri, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan image dan branding UT antara lain dengan media cetak, media elektronik, website, dan media sosial. Universitas Terbuka telah memiliki website induk https://ut.ac.id yang menyediakan seluruh informasi terkait Ke UT-an, fasilitas, sistem pembelajaran jarak jauh, referensi online, dan lain sebagainya.  

Akan tetapi, sedikit yang menjadi kegelisahan saya adalah tidak mendetailnya dan tidak begitu updatenya informasi terkait program studi. Program studi merupakan jantung sebuah perguruan tinggi. Mahasiswa akan lebih banyak menyentuh ranah ini. Sehingga,  diseminasi informasi dan sosialisasi promosi program studi melalui website prodi sangat krusial dan berdampak nyata bagi kepuasan mahasiswa karena pengelolaannya dapat lebih terkoordinir pada program studi masing-masing sehingga informasi yang dihadirkan dapat lebih detail.  

Oleh karena itu, inisiasi untuk membuat prototype website Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris menjadi solusi sementara untuk menghadirkan informasi prodi yang lebih mendetail yang ke depannya dapat ditransfer ke website official  jika institusi telah membuat kebijakan untuk mengalakkan website program studi melalui website induk Universitas Terbuka. Sehingga, melalui tulisan ini saya mempromosikan website Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris  https://www.mpbiut.com/  sebagai wujud komitmen dan aktualisasi saya untuk mengembangkan institusi berstatus PTNBH 

Referensi:

Anggraini, D. S. (2019). Eksistensi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah Hukum dan Keadilan, 6(2), 33-52. 

https://www.duniadosen.com/keuntungan-dan-kelemahan-berstatus-ptn-bh/

https://ut.ac.id/

https://www.mpbiut.com/

This article has been published in Miindonews https://miindonews.co.id/wacana/mendesain-website-sebagai-wujud-komitmen-dan-aktualisasi-untuk-mengembangkan-institusi-berstatus-ptnbh/


Surel: widya_pratiwi@ecampus.ut.ac.id - Blog: https://www.pratiwiwidyarizky.my.id/

Posted 07/02/2023 by widya-pratiwi in category "Homepage

About the Author

Widya Rizky Pratiwi is a lecturer of Universitas Terbuka, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *