February 7

Menginternalisasi dan Menerapkan Core Values ASN melalui Pelatihan Dasar CPNS

Kegiatan Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) telah berlalu. Tiga bulan lamanya ditempa dan dikader menjadi ASN BerAKHLAK, sebagaimana telah dilucurkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021 bersamaan dengan peluncuran employer branding “Bangga Melayani Bangsa”. mengutip https://lan.go.id/, Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.  

Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatan, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas. Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal, dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang. Terangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Terbuka, saya telah mengikuti tahap terakhir Pelatihan Dasar CPNS selama 6 hari kerja di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta.  

Peserta Latsar CPNS G3A3 Kemendikbudristek saat Peraturan Baris-Berbaris (PBB) di BBPK Jakarta 

Dalam kesempatan yang luar biasa ini, saya bersama 41 peserta CPNS merupakan peserta Gelombang 3 Angkatan 3 Kemdikbudristek yang berasal dari empat institusi yang berbeda yaitu Universitas Terbuka, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Mataram, dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Selain itu, terdapat satu peserta susulan dari Politeknik Negeri Jakarta. Keseluruhan peserta Latsar CPNS telah mengikuti seluruh kegiatan latsar CPNS selama kurang lebih 3 bulan dimulai tanggal 1 September 2022 dan berakhir tanggal 6 Desember 2022. Rangkaian kegiatan dibagi menjadi 4 tahapan dengan sistem blended learning (online dan offline). Tahapan pertama diawali dengam Massive Online Open Course (MOOC) yaitu 1 September-22 September 2022, distance learning 22 September – 24 Oktober 2022, aktualisasi 25 Oktober – 28 November 2022, dan kegiatan klasikal yang dilaksanakan pada 29 November – 6 Desember 2022. 

Massive Online Open Course (MOOC) adalah sistem pembelajaran berbasis Learning Manajemen Sistem (LMS) dimana peserta latsar mempelajari materi yang telah disediakan Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI) pada laman MOOC Swajar secara mandiri. Pembelajaran MOOC diawali dengan materi kebijakan, dan dilengkapi dengan empat agenda yakni agenda 1 terkait sikap perilaku bela negara, agenda 2 mengenai nilai-nilai dasar CPNS, agenda 3 membahas kedudukan dan peran PNS dalam mewujudkan smart governance, dan agenda 4 adalah habituasi.  

Pada agenda 4 ini, para peserta dituntut untuk mampu merubah ide menjadi suatu bentuk nyata dengan secara terukur dalam melakukan sesuatu kebiasaan yang bermanfaat dan mempunyai nilai inovasi atau kebaruan pada unit organisasi tempat tugas. Dikutip dari laman https://bpsdmd.ntbprov.go.id/ , Habituasi adalah suatu proses pembiasaan pada atau dengan sesuatu penyesuaian dan perubahan di lingkungan kerja, penciptaan situasi atau kondisi (Persistence life of situation) tertentu untuk membiasakan diri berperilaku sehingga terbentuk karakter diri melalui proses internalisasi yang melahirkan kebiasaan dan kenyamanan baru.  

Distance Learning dilaksanakan selama kurang lebih 4 hingga 5 minggu dengan modus blended syncronus maya dan asyncronus yang difasilitasi oleh coach. Pertemuan syncronus maya dengan coach dilaksanakan melalui aplikasi virtual zoom meeting sedangkan pembelajaran berbasis asyncronus berupa pengerjaan tugas-tugas baik individu maupun kelompok sebagai follow up dari pertemuan syncronus maya. Tugas-tugas dapat diakses dan dikumpul pada LMS Kolabjar LAN.  

Aktualisasi adalah suatu proses untuk menjadikan pengetahuan dan pemahaman yang telah dimiliki terkait substansi mata pelatihan yang telah dipelajari sehingga dapat menjadi aktual dan terjadi. Dalam hal ini, tentunya, peserta dituntut untuk dapat menerjemahkan teori ke dalam praktik, mengubah konsep menjadi konstruk, menjadikan gagasan sebagai kegiatan (realita) memperhatikan tuntutan pembelajaran yang telah dipelajari. Tahapan aktualisasi dilakukan instansi/ unit kerja masing-masing.   

Tiga bulan latsar CPN yang berkesan memberikan banyak input pengetahuan, keterampilan, karakter, dan pembelajaran baik bagi peserta. Dalam Latsar CPNS ini, peserta sedikit demi sedikit telah memahami dan menginternalisasi peran dan kedudukannya dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan publik, dan perekat pemersatu bangsa. Peserta juga dituntut untuk menerapkan Smart ASN dalam kaitannya dengan pengembangan literasi digital dengan meningkatkan pemahaman dan kompetensi terkait digital skills, digital culture, digital ethics, dan digital safety

Tentunya, dalam menjalankan peran dan kedudukan sebagai ASN yang Smart, coach tak henti-hentinya mengingatkan untuk selalu menginternalisasi dan menerapkanCoreValues ASN BerAKHLAK yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan kolaboratif. Sebagai dosen, penerapan kode etik kode perilaku ini tidak hanya diterapkan di lingkungan kerja, namun juga dalam interaksi yang lebih luas di tengah-tengah masyarakat. 

Peserta Latsar CPNS G3A3 Kemendikbudristek di BPPK Jakarta 

Referensi: 

https://bpsdmd.ntbprov.go.id/aktualisasi-dan-habituasi-merubah-ide-menjadi-sesuatu-yang-terukur/

https://lan.go.id/?page_id=1872

This article has been published in Suara Lidik https://www.suaralidik.com/menginternalisasi-dan-menerapkan-core-values-asn-melalui-pelatihan-dasar-cpns/


Surel: widya_pratiwi@ecampus.ut.ac.id - Blog: https://www.pratiwiwidyarizky.my.id/

Posted 07/02/2023 by widya-pratiwi in category "Homepage

About the Author

Widya Rizky Pratiwi is a lecturer of Universitas Terbuka, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *